Change

Perubahan itu ada di mana-mana kan ya? Dialami oleh siapa saja dan sering kali tidak terhindarkan.

Seandainya ada seseorang yang tidak mau berubah, kira-kira apa yang akan terjadi pada dirinya? Apakah bisa bertahan dalam kondisi penuh perubahan seperti sekarang ini?

Coba kita cek satu-satu.
Kebutuhan pokok manusia seperti yang dipelajari waktu pelajaran IPS dulu (ddduuuh, ketahuan deh angkatan berapa) ada tiga yaitu sandang, papan, pangan. Secara ringkasnya, pakaian, tempat tinggal dan makan.

Pakaian.
Seandainya ada orang yang sukanya dengan pakaian tertentu dan tidak mau move on dengan mode tertentu, apakah jadi masalah? Dari dulu sampai sekarang maunya warna putih atau yang netral, modelnya itu-itu lagi. Membosankan sih bagi yang lihat, di sisi lain, kalau dia nyaman dengan itu, pastinya nggak masalah lah ya.
Begitu juga kalau ada orang yang senangnya dengan baju merek tertentu. Ya, sah-sah saja sih, seandainya bajunya robek, rusak, kekecilan dan dia ingin beli yang baru terus cari baju dengan merek yang sama. 
Artinya, secara umum, kalau ada yang tidak mau berubah mengenai selera berpakaiannya, bukan menjadi isu utama dan major problem bagi banyak orang. Kecuali, yaaa kecuali loooh, kalau dia nggak ganti baju bertahun-tahun. Itu akan jadi masalah kenyamanan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya dan tentu bagi dirinya sendiri.

Tempat tinggal.
Mengenai yang satu ini, bukan yang harus dibeli, dimiliki loh. Tapi tempat yang bisa ditinggali secara nyaman dan menyenangkan bagi orang tersebut. Bisa saja sih masih kontrak rumah, tapi kan tetap saja dikategorikan sebagai tempat tinggal. Atau kost-kostan. Atau apartemen. Yah, apa pun lah, Ada kan yang betah tinggal di daerah tertentu, dengan tempat tinggal yang dari duluuuuu sampai sekarang ya begitu-begitu saja. Ketika ditanya kenapa nggak mau pindah, alasannya simpel. Udah kerasan sih, ngapain lagi pindah, udah enak di sini dan sebagainya. Makanya kalau lihat dan baca berita, Pemerintah sering kewalahan juga kan ya memindahkan beberapa orang yang sudah lama dan karatan tinggal di satu tempat walaupun itu ilegal. Hmmm, perubahan yang terjadi di sekitar belum tentu membuat seseorang akan pindah kecuali kalau hal tersebut sudah benar-benar mengusiknya.

Pangan.
Ini juga. Untuk beberapa orang, makanan tertentu adalah pantang baginya. Tidak dibolehkan secara agama dan aturan atau memang trauma atau tidak suka. Ada yang dari kecil sukaaaaa kebangetan sama kerupuk. Setiap kali makan, harus ada kerupuk. Dan nggak bisa move on sama sekali.
Bisa saja toh? Kalau sudah begini, dibujuk segala macam dan dipaksa untuk mencoba selain yang disuka juga bakalan susah. Nah, kalau sudah begini, apakah jadi masalah bagi orang tersebut kalau dia tidak mau berubah? Belum tentu juga yaaa.

Jadi kalau melihat dari tiga kebutuhan pokok manusia, perubahan yang ada bisa saja memengaruhi mereka, bisa saja tidak. Tergantung dari sedahsyat apa dampak perubahan tersebut kepada mereka. Kalau sangat berdampak, kadang orang pun walau dengan enggan, akan mau berubah.



You Might Also Like

0 komentar